Senin, 04 Desember 2017

JANGAN MENGAJI SAAT PENGAJIAN



BELAJAR DARI ORANG YANG SEDANG BELAJAR

Ungkapan ini mungkin terdengar sangat aneh, tapi keanehannya sebenarnya membuat terbongkarnya orang sombong dan takabbur.

Kita selalu saja merasa lebih pintar dan lebih tahu dari orang lain ketika kita ikut hadir dalam sebuah Majlis Talim yang mana ustadz atau guru yang memberikan tausyiah menyampaikan sesuatu yang sebenarnya sudah sering dan selalu kita dengarkan. Hingga kadang tanpa sengaja kita mendahului ustadz atau guru yang memberikan tausyiah untuk bercerita dengan teman disebelah yang belum tahu dan ingin mendengar penjelasan ustadz/guru, bukan penjelasan kita yang juga sebagai peserta dalam majlis talim itu sendiri.

Maka, pesan moral yang ingin saya sampaikan, sekalipun kita sudah tahu dan mengerti kemana arah kajian yang akan disampaikan guru/ustadz, sebaiknya kita cukup duduk manis dan mendengarkan dengan seksama. Semoga dengan demikian ilmu yang tadinya sudah kita kuasai akan semakin mantapa dengan seringnya di dengar.

"LANCAR KAJI KARENA DI ULANG, RUSAKNYA KAJI KARENA MAKSIAT"

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELAJAR BERSYUKUR DARI COBAAN DAN MUSIBAH

Semua Manusia tentu saja ingin mengukir takdir dirinya di atas tangannya sendiri. Tapi sadarlah dari mimpi indahmu wahai Manusia kau h...