Kamis, 07 Desember 2017

BELAJAR BERSYUKUR DARI COBAAN DAN MUSIBAH



Semua Manusia tentu saja ingin mengukir takdir dirinya di atas tangannya sendiri. Tapi sadarlah dari mimpi indahmu wahai Manusia kau hanya makhluk yang diciptakan Allah memiliki kewajiban untuk mengabdikan diri pada-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya " Dan tidaklah kami ciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk mengabdikan dirinya (kepada Allah SWT)".
Firman Allah SWT di atas adalah merupakan kata kunci dari tujuan hidup manusia. Maka, sedapat mungkin apapun yang kita lakukan di dunia ini, lakukanlah karena Allah dan perbuatan yang diridhoi oleh Allah SWT. Allah SWT dengan Rahman dan Rahim-Nya, tentu Maha Tahu apa yang terbaik untuk dirimu dan untuk kebahagiaanmu. Maka, apapun yang telah diberikan Allah, kebaikan, keburukan, kekayaan, kemiskinan bahkan musibah sekalipun terimalah dengan IKHLAS, karena Allah SWT tidak akan memberikan kebahagiaan kepadamu sebelum engkau di uji.
Ujian bukanlah sebuah siksaan, tapi ujian adalah cara Allah untuk menjadikan seorang hamba menyadari bahwa dirinya adalah makhluk yang harus patuh dan taat serta mensyukuri setiap ketentuan yang Allah SWT berikan.
Nabi Allah Sulaiman a.s dalam munajatnya tidak henti bermohon kepada Allah SWT agar diajarkan bagaimana cara mensyukuri nikmat Allah SWT. "Ya Tuhanku, ajarkanlah aku agar aku mampu mensyukuri nikmat yang telah Engkau berikan padaku"
Jangan pernah mengeluh dengan apapun yang sedang Allah berikan kepada kita.
Perpisahan, penghinaan, segala keburukan apapun yang datang kepada kita, jadikanlah sebagai jalan untuk melatih diri agar mampu bersabar dan bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.
Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan hidup kepada seorang hamba di luar kemampuan dirinya, dan setiap cobaan yang diberikan Allah, seseungguhnya ada jalan keluar yang telah Allah SWT persiapkan, kita hanya butuh untuk ikhtiar dan tawakkal "FA IDZA 'AZAMTA FA TAWAKKAL 'ALALLAH", Lakukanlah usaha dengan yakin, selebihnya serahkan kepada Allah SWT dengan tawakkal, Insya Allah semua akan indah pada waktunya.
Muhsin Salim Nasution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELAJAR BERSYUKUR DARI COBAAN DAN MUSIBAH

Semua Manusia tentu saja ingin mengukir takdir dirinya di atas tangannya sendiri. Tapi sadarlah dari mimpi indahmu wahai Manusia kau h...