Minggu, 03 Desember 2017

JANGAN JADI TUHAN

JANGAN JADI TUHAN !

MANUSIA itu sudah pasti makhluk, sekalipun ia seorang NABI atau WALI ALLAH. Dengan jelas Allah SWT berulang kali menyebutkan dalam FIRMANNYA "KAMI CIPTAKAN MANUSIA ITU.....", Artinya setiap yang diciptakan pastilah Makhluk sedangkan pencipta disebut KHALIK yaitu Allah SWT.
Dalam Al Qur'an dijelaskan bahwa FIR'AUN seorang MANUSIA yang mengaku dirinya TUHAN, pada akhirnya hancur dan binasa tenggelam di LAUT MERAH. Ini menjadi pelajaran bagi Manusia agar jangan mengambil hak Allah sebagai KHALIK kalau tidak ingin binasa.
Akan tetapi disadari atau tidak banyak sekali Manusia yang tanpa ia sadari telah menjadi TUHAN (KHALIK) dalam hidupnya.

Sebagai contoh sederhana " Dalam sebuah bincang-bincang kecil seorang Bapak mengungkapkan kepada teman-teman berbincangnya sebagai berikut "Si Fulan itu dulunya berasal dari kampung, SAYALAH yang membawanya ke KOTA ini dan mendidiknya sampai ia sekarang SUKSES". Kalau saya tidak bawa dia dari kampungnya, mungkin dia sekarang tidak akan jadi ORANG HEBAT". Mungkin tidak disadari si BAPAK telah membuat sebuah pengakuan bahwa berubahnya nasib orang itu disebabkan langkah yang ia lakukan. Padahal dengan jelas Allah katakan dalam Al Quran bahwa Allah lah yang memberikan rezeki kepada siapa yang IA kehendaki, Dan tidak satupun MANUSIA yang mampu membuat mudharat dan memberi manfaat buat orang lain tanpa seizin Allah SWT.

Dengan merasa tidak bersalah, lantas malam harinya si BAPAK Sholat Tahajjud dan berdo'a memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam hidup dan rejeki yang luas.Tanpa mengingat bahwa sebelumnya ia telah berbicara kepada temannya layaknya Tuhan. Mungkinkah Allah akan mengabulkan Do'a si BAPAK tersebut?

Logikanya, Allah SWT akan katakan :" Bukankah tadi kau katakan kepada teman-teman mu kalau tidak karena engkau si FULAN tidak akan mungkin sukses?" Lantas mengapa malam ini kau meminta kemudahan hidup dan rejeki yang luas pada KU?

Semoga tulisan ini bermanfaat
Dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan Hidayah-Nya pada kita
Amin Ya Rabbal 'Alamin.

MUHSIN SALIM NASUTION




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELAJAR BERSYUKUR DARI COBAAN DAN MUSIBAH

Semua Manusia tentu saja ingin mengukir takdir dirinya di atas tangannya sendiri. Tapi sadarlah dari mimpi indahmu wahai Manusia kau h...